Kepulauan Karimunjawa Destinasi Bahari Penuh Pesona, yang Mendunia

Kepulauan Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa

Objek wisata bahari yang sangat menarik dan harus dikunjungi adalah kepulauan karimun jawa yang ada di Jepara. Dengan keindahan pantai dan keanekaragaman bawah lautnya, kepulauan karimun jawa sangat digemari oleh para wisatawan.

Bukan hanya wisatawan domestik saja, karena nama Karimunjawa juga sangat populer di kalangan wisatawan manncanegara.

Nah buat Anda yang penasaran dengan berbagai keunikan serta keindahan yang ada di kepulauan karimun jawa, berikut kami ulas review singkat mengenai destinasi ini.

1. Penginapan Terapung

Kepulauan Karimunjawa Penginapan Terapung
Penginapan Terapung
Jika berkunjung ke Karimun Jawa, Anda bisa menikmati sensasi menginap di penginapan terapung. Penginapan terapung adalah sebuah pengunapan yang mengapung di atas laut.

Sehingga pengunjung dapat langsung melihat pemandangan laut karimun jawa dari beranda kamar. Jika ingin merasakan sensasi mengapung diatas laut, Anda bisa menginap di Wisma Apung atau Kura-Kura Resort.

2. Snorkeling

Kepulauan Karimunjawa Snorkeling
Snorkeling
Snorkeling adalah hal yang wajib dilakukan saat berkunjung ke kepulauan karimun jawa. Keindahan biota laut di kepulauan karimun jawa sangatlah eksotis.

Dengan keindahan terumbu karangnya yang masih terjaga dan keanekaragaman ikan yang ada disini membuat pengunjung akan betah berlama-lama melakukan snorkeling.

Jika Anda sedang beruntung, tidak hanya berbagai ikan hias yang bisa ditemukan, namun juga penyu dan juga biota laut lainnya.

Di karimun jawa Anda tidak akan pernah kehabisan spot snorkeling. Karena bisa dikatakan bahwa hampir semua spot di kepulauan karimun jawa merupakan tempat snorkeling yang indah.

Namun ada beberapa spot favorit yang sering dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Pulau Menjangan Kecil, Pulau Menjangan Besar, Pulau Cemara Besar, Pantai Tanjung Gelam, serta  Pulau Tengah.

3. Berenang Bersama Hiu

Kepulauan Karimunjawa Berenang Bersama Hiu
Berenang Bersama Hiu
Berenang bersama hiu memang terdengar menakutkan, namun jangan khawatir, karena di kepulauan karimun jawa ini terdapat sekelompok hiu yang sangat jinak berjenis blacktip reef dan tidak akan menyerang manusia.

Hiu ini panjangnya bisa mencapai 1,6 m. Anda bisa merasakan sensasi berenang bersama hiu jinak ini di perairan yang berpasir seperti di Pulau Menjangan Besar. Namun jika Anda masih merasa takut untuk berenang bersama hiu besar, Anda bisa mencoba berenang dengan hiu muda di penangkaran hiu yang ada di Pulau ini juga.

4. Diving Melihat Bangkai Kapal

Kepulauan Karimunjawa Diving Melihat Bangkai Kapal
Diving Melihat Bangkai Kapal
Jika Anda memiliki lisensi untuk menyelam, Anda wajib mencoba menyelam di perairan Karimun Jawa. Selain keindahan biota lautnya, disana Anda dapat menyaksikan keunikan lainnya, seperti salah satunya, melihat bangkai kapal yang karam serta  tenggelam di perairan tersebut.

Bangkai kapal karam yang ada di sini bukan hanya satu saja, namun ada beberapa kapal karam di laut karimun jawa. Beberapa bangkai kapal yang terkenal adalah bangkai kapal Indonoor, bangkai kapal pinisi, dan bangkai kapal biblis yang dihiasi  oleh soft coral yang indah.

5. Main Ke Gosong

Kepulauan Karimunjawa Main Ke Gosong
Main Ke Gosong
Gosong yang dimaksud disini bukan arti dari kata hangus dalam bahasa jawa, namun gosong di karimun jawa adalah gundukan pasir yang muncul saat air surut dan hilang saat air sudah mulai pasang. Di beberapa spot gosong yang ada di kepulauan karimun jawa ini sangatlah indah karena disana terdapat berbagai biota laut.

Namun gosong yang paling terkenal adalah gosong yang ada di pulau cemara gede. Di gosong tersebut merupakan tempat yang sangat cocok untuk melakukan snorkeling. Bahkan jika Anda sedang beruntung, Anda bisa berenang bersama penyu di sekitar gosong ini.

Itulah beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan di Kepulauan karimun jawa, destinasi wisata yang sangat eksotis, dengan keindahan yang tak ada habisnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menjadi Penulis di Jawa Pos Paling Jitu

Anakku Inspirasiku

10 Destinasi Wisata Lokal yang Mirip di Luar Negeri