Mencari pekerjaan yang baik

Apakah pekerjaan yang baik menurut anda?

Suatu hari saya masuk di sebuah forum untuk menanyakan sesuatu pilihan pekerjaan yang baik buat saya, di antara beberapa pilihan.
Apakah saya menemukan jawaban dari masalah yang saya hadapi?
Ternyata sederhana, bahwa pekerjaan yang baik buat saya adalah pekerjaan yang semakin mendekatkan saya untuk bersyukur.
Mencari pekerjaan yang baik

Apakah pekerjaan yang membuat saya semakin bersyukur?

Pertama adalah bahwa pekerjaan itu sesuai bidang saya, memberi kesempatan pada diri sendiri untuk mengeksplorasi kemampuan yang ada pada diri sendiri.

Yang keduanya adalah pekerjaan tersebut memberi kebebasan untuk berkreasi dan berekspresi tentunya masih dalam batasan aturan perusahaan.

Yang ketiga adalah semua unsur yang ada pada pekerjaan tersebut tidak mendekatkan pada unsur yang tidak baik secara bathiniah, artinya tidak menjauhkan saya dari keimanan.  Memberi peluang yang luas untuk senantiasa memberi waktu untuk mengingat pencipta.

Suasana kondusif dalam sebuah pekerjaan, persaingan sehat serta cara mendapatkan hasil pekerjaan yang bermartabat.

Yang tidak kalah penting adalah hasil dari pekerjaan, apakah hasil dari sebuah pekerjaan? Yakni kepuasan bathin dan kepuasan lahir.

Kepuasan bathin adalah dimana saya merasa tenang dengan apapun hasil yang dicapai, selama saya telah melakukan semaksimal mungkin apa yang saya kerjakan.

Apakah kegagalan pekerjaan adalah suatu kepuasan bathin? Tentunya tidak bila kita belum merasa maksimal dalam melakukan pekerjaan tersebut. Jika apa yang saya lakukan adalah merupakan usaha terbaik yang telah atau bisa saya lakukan untuk saat ini, maka saya akan merasa puasdengan catatan negatif yang menjadi pertimbangan dalam menghadapi pekerjaan yang sama suatu hari nanti.

Kepuasan lahir apa yang saya rasakan dari hasil yang saya lakukan?
Tentunya adalah materi untuk melanjutkan hidup, rasa berkecukupan di dalam keluarga. Karena tidak bisa dipungkiri materi adalah salah satu alasan kenap kita harus bekerja.

Lalu pekerjaan yang baik itu apa?

Apakah harus menjadi seorang manager untuk dikatakan bekerja dengan baik?
Saya ingat sebuah cerita inspirasi seorang mantan penyemir sepatu yang konon akhirnya menjadi seorang pengusaha sukses, seperti dongeng bukan?

Tapi hal itu banyak terjadi di dunia ini. Suatu hari mantan tukang semir tersebut bertemu dengan mantan pelanggannya waktu jadi tukang semir. Dia seorang pengusaha sukses juga dan hari ini menjadi client si mantan tukang semir.

Dan dengan bangganya menceritakan pada orang-orang disekitarnya bahwa dulu dia adalah pelanggan dari si mantan tukang semir di depannya dan selalu memberikan tips lebih padanya.

Si mantan tukang semir hanya tersenyum, sehingga salah satu orang menanyakan kenapa dia tersenyum.

Dia hanya menjawab " Bukankah saya layak mendapat tips lebih untuk semiran saya yang mengkilat pada sepatunya?"

Dari cerita di atas saya artikan bahwa pekerjaan yang baik itu adalah dimana kita bisa melakukan pekerjaan itu dengan sepenuh hati, apapun pekerjaannya. Tidak peduli menjadi seorang penyemir sepatu, kuli bangunan, penjaga toko dan lain-lain yang penting bahwa apa yang dikerjakan memberikan manfaat tentunya bagi pemberi upah ataupun diri sendiri.

Bagaimana, apakah anda mencari pekerjaan yang baik?

Tidak harus menjadi seorang yang memiliki jabatan tinggi untuk hanya mengharap pekerjaan yang baik. Pekerjaan yang baik bisa dilakukan oleh siapa saja di mana saja dan pada jenis pekerjaan apapun.

Baik dalam menyikapi sebuah pekerjaan, baik dalam menyelesaikan pekerjaan, baik dalam membangun kerjasama dengan team dalam pekerjaan, baik dalam rasa bersyukur dengan hasil yang kita dapatkan dari pekerjaan.

Bekerja dengan baik akan menawarkan level pekerjaan yang lebih baik, jangan harap mendapatkan pekerjaan yang baik sebelum bisa mempertanggungjawabkan pekerjaan yang sekarang anda lakukan. Maka....lakukan yang terbaik buat pekerjaan anda sekarang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menjadi Penulis di Jawa Pos Paling Jitu

Anakku Inspirasiku

10 Destinasi Wisata Lokal yang Mirip di Luar Negeri