Keindahan Alam Wisata Labuan Bajo Bumi Flores

Labuan bajo nama sebuah kota kecil di belahan bumi flores bagian barat. Sudah banyak yang tahu, kota ini menyimpan jutaan keindahan dan telah menjadi pintu utama destinasi wisatawan lokal dan  manca negara, sehingga tidak heran jika ada yang menyebutnya sebagai bali kedua.

Sederetan nama populer nasional dan internasional, seperti Chelsea Olivia, Nadine Chandrawinata, Aliando, Luna Maya, Fiona Callaghan, Mentri Keuangan Sri Mulyani hingga Gwyneth Paltrow (Aktris pemain The Avenger dan Iron Man), Valentino Rossi dan masih banyak nama lainnya telah menginjakkan kaki di kota ini untuk menikmati waktu liburan.

Sebagian orang mengenal Labuan Bajo oleh karena Komodo menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Tetapi pada sisi lain yang belum terlalu terekspos, ada keindahan alam lainnya yang masih di jaga dan ada masyarakatnya yang memegang teguh budaya.

Berikut ini beberapa tempat wisata kelas dunia yang keberadaannya tidak teramat jauh dari Labuan Bajo.
Keindahan Alam Wisata Labuan Bajo Bumi Flores

1. Pulau Padar

Keindahan Alam Wisata Labuan Bajo Bumi Flores Pulau Padar
Pulau Padar

Pulau ini mungkin tidak setenar pulau komodo tetapi tak disangka beberapa tahun terakhir pulau ini lebih banyak dikunjungi. Di pulau ini para pengunjung dapat menaiki bukit untuk menikmati kesempurnaan keindahannya dari atas.

Walau terasa sedikit melelahkan tetapi pada akhir sebuah pendakian tempat ini memberi kesan yang sangat luar biasa.

2. Pink Beach

Keindahan Alam Wisata Labuan Bajo Bumi Flores Pink Beach
Pink Beach

Boleh dibilang nama pantai ini mencirikan pantainya, karena pada Pink Beach hamparan pasirnya hampir menyerupai warna pink. Selain pantainya yang unik, kehidupan bawah lautnya yang indah, bersih dan jernih seringkali menggoda pengunjung untuk melakukan snorkling.

3. Wae Rebo

Keindahan Alam Wisata Labuan Bajo Bumi Flores Wae Rebo
Wae Rebo

Wae Rebo yang berada pada ketinggian sekitar  1.200 meter diatas permukaan laut ini menyajikan hal yang unik, yang menampilkan keaslian identitas sebagai Manggarai yang memegang teguh budaya sekaligus menjaga kelestariannya.

Disana kita akan disajikan oleh tujuh rumah adat berbentuk kerucut nan indah. Selain itu, kampung yang jauh dari kebisingan ini juga akan membuat kita merasa betapa hening itu begitu indah.

4. Sawah “Jaring Laba-laba’

Keindahan Alam Wisata Labuan Bajo Bumi Flores Sawah “Jaring Laba-laba’
Sawah “Jaring Laba-laba’

Persawahan yang kurang lebih 1.500 ha luasnya ini menampilkan keindahan sebuah pola yang akan mengenyangkan mata kita yang datang menikmatinya. Pola yang menyerupai jaring laba-laba ini, oleh orang manggarai menyebutnya sebagai lodok.

Lodok merupakan sistem pembagian tanah ulayat dimana pembagiannya dimulai dari sebuah titik tengah. Hal ini juga mencirikan masyarakat yang memegang teguh budaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menjadi Penulis di Jawa Pos Paling Jitu

Anakku Inspirasiku

10 Destinasi Wisata Lokal yang Mirip di Luar Negeri